Tips menjaga performa OS ( Operating System )

     Meskipun kalian menggunakan komputer dengan benar, tidak macam-macam, tidak pernah menancapkan flashdisk. Pasti suatu saat kalian akan mengalami komputer lambat. Penyebab komputer lambat atau lemot, sering hang, crash dll bisa karena terlalu banyak temporary file, sampah-sampah sisa uninstall software yang tidak sempurna, file history sisa penggunaan software, terlalu banyak start up application saat komputer menyala, harddisk penuh, virus dll
Pasti solusi yang kalian ambil adalah install ulang??
     Install ulang bukanlah solusi!!, setelah install ulang 6 bulan kemudian komputer kalian lemot lagi, install ulang lagi dst
Sering install ulang hanya akan menurunkan kinerja komputer itu sendiri seperti harddisk cepat rusak karena terlalu banyak di format, processor mati dan masih banyak lagi komponen komputer yang error.
     Oleh karena itu penting untuk melakukan perawatan komputer. Minimal perawatan system.
Untuk perawatan hardware, saya sarankan agar kalian melakukan dengan hati-hati atau jika tidak yakin, serahkan tugas ini pada teknisi komputer. Di bawah ini saya akan memberikan beberapa tips cara merawat system, diantaranya:


A . Kurangi Visual Effect

Kurangi sedikit efek-efek yang kurang penting atau hilangkan saja .
Klik kanan Computer > Properties > Advanced system setting > Advanced > Settings ..

B . Hapus program yang tidak penting / jarang digunakan
 Control panel -> Uninstall program
Jangan terlalu banyak install software-software yang tidak penting, karena hanya akan menjadi sampah di system. Atau bisa juga kalian cari software versi portable, karena portable itu tidak perlu proses install.


C . Periksa virus pada komputer
Saya sarankan agar kalian rajin update antivirus dan scan komputer secara berkala. Percuma pasang antivirus tapi tidak pernah di update atau komputer tidak pernah di scan.
Apalagi jika kalian sering berselancar di dunia maya karena penyebaran virus tidak hanya melalui flashdisk. Komputer yang terkoneksi internet pun rawan terserang virus.


D . Gunakan software maintenance untuk membersihkan sampah windows

     Jenis software untuk membersihkan sampah windows sangat banyak di internet, kalian bisa pilih yang kalian suka. Tapi saya selalu pakai TuneUp Utilities dan saya kombinasikan dengan Ccleaner & System Ninja (portable).
Fitur TuneUp Utilities lebih lengkap dibandingkan 2 software lainnya, diantaranya: DiskCleaner, DriveDefrag, RegistryCleaner, RegistryDefrag, OneClick dll semuanya mengacu pada system windows.


 

Ditulis Oleh : ardaalvinpandu ~ DosoGames

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Tips menjaga performa OS ( Operating System ) yang ditulis oleh D-C | {} yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di D-C | {}

1 komentar:

Posting Komentar

Back to top